Rabu, 10 April 2013

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan mempunyai arti yang penting dalam setiap kegiatan bisnis termasuk dalam setiap kegiatan bisnis termasuk dalam kegiatan operasi dan pengelolaan perusahaan dan juga manajemen keuangan diharapkan dapat menangkap dan mengantisipasi perubahan dimasa yang akan datang untuk secara dini melakukan penyesuaian dan pengambilan keputusan secara tepat dan akurat. Tujuan utama dari perusahaan yang juga menjadi tanggung jawab dari manajer keuangan adalah memaksimalkan nilai perusahaan agar kesejahteraan pemegang saham dapat meningkat.
Horne dan Wachowicz (2000 : 2) Menyatakan bahwa FinancialManagement is concerned the acquisition, financing and management of assetswith some overall goal in mind”. Bahwa “Manajemen Keuangan adalah segala aktivitas berhubungan dengan perolehan, pendanaan, dan pengelolaan aktiva dengan beberapa tujuan menyeluruh”.
Manjemen keuangan menurut Sutrisno (2007 : 3), sebagai semua aktivitas keuangan yang berhubungan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.
Sartono (2008 : 6) menerangkan pengertian mengenai manajemen keuangan sebagai berikut : “Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efesien”.
Berdasarkan beberapa teori di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen keungan adalah suatu kegiatan keuangan yang terjadi dalam suatu operasi perusahaan.

1 komentar:

  1. Nice blog, Thanku for sharing with us. Visit Webpace India for the Best Website Design Company in Delhi, India.
    Website Development Company in India

    BalasHapus